Salam Budaya!

Pada tanggal 23 November 2023 UPTD Taman Budaya Bengkulu menyelenggarakan seminar seni musik rejung di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya, peserta dari seminar ini berasal dari kalangan pelajar, seniman dan masyarakat. Rejung adalah pertunjukan musik tradisi berupa pantun yang ditembangkan dan diiringi dengan gitar sebagai media hiburan.

Rejung merupakan seni bersyair yang biasanya tersebar di setiap suku di Provinsi Bengkulu, rejung sendiri memiliki berbagai fungsi salah satunya rejung dipakai pada malam bujang gadis saat perkawinan, rejung di bawakan sebagai pengiring pada saat tari-tari adat dan juga rejung ini adalah ungkapan ekspresi seseorang terhadap keadaannya.

Adapaun nilai-nilai yang terkandung dalam seni musik rejung yaitu rejung mampu memberikan kesenangan atau hiburan kepada orang yang mendengarnya dengan berejung juga memberikan kemampuan kreativitas dalam bersyair karena tidak semua orang dapat berejung. Rejung memang berhubungan erat dengan masyarakat karena nilai-nilai kebudayaannya yang terkandung di dalamnya rejung memiliki nilai-nilai etika, relegius dan moral.