Hallo Sobat Museum !

Pada tanggal 5 September 2023 Museum Negeri Bengkulu mengadakan Perlombaan Tari Kreasi Tingkat SMA Se-Provinsi Bengkulu. Perlombaan ini bertujuan agar masyarakat Bengkulu dan pelajar lebih mengenal dan kreatif dalam memadukan tarian tradisional kita dengan tarian baru atau modern pada saat ini.

Pengertian tari kreasi tidak jauh berbeda seni tari pada umumnya. Tari kreasi merujuk pada kombinasi antara nilai tari tradisional dengan tari modern. Tari kreasi sering juga disebut tari kreasi baru. Memang, tari kreasi tergolong jenis tarian baru yang berkembang di masyarakat.

Tari kreasi adalah hasil inovasi serta pengembangan di dalam seni tari dengan tujuan agar tarian bisa lebih mudah diterima di masyarakat. Rancangan gerakan yang ada di dalam tari kreasi disesuaikan dengan ide sang penata tari. Gerakannya juga tetap menyesuaikan dan memelihara nilai artistik serta karakteristik lincahnya.

Adapun pemenang lombat Tari Kreasi tingkat SMA yang diadakan Museum Negeri Bengkulu adalah :

Pemenang 1 berasal dari SMA N 2 Bengkulu Tengah

Pemenang 2 berasal dari SMA N 1 Kepahiang

Pememnang 3 berasal dari SMA N 3 Kota Bengkulu Grup A

Harapan 1 berasal dari SMA N 5 Kota Bengkulu

Harapan 2 berasal darri SMA N 1 Kota Bengkulu

Harapan 3 berasal dari SMA N 6 Kota Bengkulu

Dengan berakhirnya perlombaan tari kreasi ini Museum Negeri Bengkulu berharap di tahun yang akan datang para peserta lebih antusias lagi mengikuti perlombaan-perlombaan yang ada di Museum Negeri Bengkulu.