RAKOR KEMITRAAN DAN IMPLEMENTASI KERJASAMA BP PAUD DAN DIKMAS PROVINSI BENGKULU

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

RAKOR KEMITRAAN DAN IMPLEMENTASI KERJASAMA BP PAUD DAN DIKMAS PROVINSI BENGKULU

Dikbud – BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinas (Rakor) Pelaksanaan Kemitraan dan Implementasi Kerjasama bertempat di Hotel Mercure sejak tanggal 06 – 07 September 2021. Acara dibuka oleh Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu sekaligus memberikan materi tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Peta Mutu Pendidikan Provinsi Bengkulu. Kegiatan Rakor diikuti sejumlah 60 orang dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Dinas Kominfotik Kabupaten/Kota, Bidang Kesra Kabupaten/Kota, Kanderpag Kabupaten/Kota, IGTKI, Himpaudi, FPKBM dan IGRA Provinsi Bengkulu serta Widyaprada BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bengkulu

Dalam paparannya, Kadis Dikbud Provinsi menyampaikan perihal Peta Mutu satuan PAUD dan Dikmas bertujuan untuk melaksanakan pengembangan mutu yang dimulai dari data dasar yang diperoleh dari hasil EDS PAUD dan Dikmas, identifikasi, verifikasi dan analisis data yang diperoleh dari data dasar input dari lembaga sasaran sebagai data dasar yang merupakan jawaban dari suatu instrumen pemetaan mutu secara online atau manual yang diinput pada aplikasi pemetaan mutu.

Selain itu ada beberapa perspektif positif pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 antara lain

  1. Menyadarkan tentang esensi pendidikan bahwa pendidikan adalah belajar dimanapun. Tidak harus di Sekolah tetapi di Rumah juga bisa.
  2. Institusi keluarga menjadi lebih solid dan berperan signifikan dalam pendidikan anak.
  3. Menyadarkan lebih cepat dunia pendidikan untuk masuk Era Revolusi Industri 4.0 yaitu Digitalisasi Pendidikan.
  4. Kebijakan Merdeka Belajar menjadi lebih teraktualisasi dengan adanya kebijakan Pendidikan selama pandemi Covid-19.

Penguatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Literasi Numerasi juga dibahas dalam rakor ini. Narasumber atau fasilitator yang diundang yaitu Herwan Antoni, S.Km., M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu), Dr. Drs. Husnul Bahri, M.Pd (Dosen UIN Bengkulu), Jaduliwan, M.M, Drs (Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu) dan Drs. Edie Hartawan, M.Si (Karo Pemerintahan dan Kesra Pemda Provinsi Bengkulu.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 15 =

DILARANG COPY PASTE !!!!!!