Melestarikan Kebudayaan Lokal Melalui Lomba Lagu Daerah Se-Provinsi Bengkulu

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

Melestarikan Kebudayaan Lokal Melalui Lomba Lagu Daerah Se-Provinsi

Bengkulu – UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu menyelenggarakan lomba lagu daerah. Lomba lagu daerah tersebut mengusung tema “Bersinergi Menjaga Eksistensi Kebudayaan Lokal Melalui Lomba Lagu Daerah Se- Provinsi Bengkulu”. Pelaksanaan lomba lagu daerah Se-Provinsi Bengkulu ini, bertujuan untuk memupuk rasa kecintaan terhadap kebudayaan lokal. “Harapanya agar kita mengenal keberagaman lagu-lagu daerah khususnya lagu daerah Bengkulu dan salah satu bentuk untuk melestarikan kebudayaan Provinsi Bengkulu,” ungkap Kepala UPTD Taman Budaya Nirwan Sukandri, M.Pd., dalam sambutannya. Kepala UPTD Taman Budaya tersebut, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa, pihak panitia telah menyiapkan berbagai persembahan menarik, meliputi tropi dan uang pembinaan berjumlah jutaan rupiah bagi pemenang lomba.

Penyelenggaraan lomba lagu daerah tersebut, semua panitia dan peserta tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang ditentukan dan diawasi langsung dengan petugas Covid-19. Orang yang diperbolehkan masuk untuk menyaksikan langsung pelaksanaan lomba dibatasi dan ditentukan oleh panitia pelaksanaan lomba. Dengan adanya aturan tersebut penyelenggaraan lomba dapat berjalan dengan lancar namun tetap menjaga jarak untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Pelaksanaan lomba lagu daerah Se-Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan di Taman Budaya, diikuti oleh 15 peserta dari 8 Kabupaten 1 Kota diantaranya, Kabupaten Kaur, Kabupaten Kepahiang, Kota Bengkulu, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Seluma. Setiap peserta utusan Kabupaten menampilkan satu tembang asli daerah masing-masing.

Judul lagu daerah yang dibawakan, memiliki ciri khas dan keunikan yang menonjolkan daerah masing-masing peserta. Lagu daerah yang ditampilkan diantaranya adalah, Kerje Berampean dan Se’ase Sehijean dari Kabupaten Kaur, Ujen dan Taneak Bdiwo dari Kabupaten Kepahiang, Pantai Malabero dari Kota Bengkulu, Mukomuko Mengimbau dari Kabupaten Mukomuko, Sungai Suci dari Bengkulu Tengah, Seniene Sadeiku dan Anak Lumang dari Rejang Lebong, Sukatan Matau dan Sinjang dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Nasib Umang dan Gindu Tegalau dari Kabupaten Seluma. Setiap perwakilan Kabupaten dipanggil secara acak untuk menampilkan lagu daerahnya masing-masing.

Rangkaian kegiatan lomba lagu daerah Se-Provinsi Bengkulu, ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. Dari jumlah keseluruhan 15 peserta, diambil sebanyak 6 orang melalui penilaian yang ketat dari dewan juri, serta berhak mendapatkan uang pembinaan dan tropi yang diberikan langsung oleh kepala UPTD Taman Budaya  dengan rincian terbaik 1 dari Kabupaten Rejang lebong , terbaik 2 dari Kabupaten Kaur, terbaik 3 dari Kabupaten kaur, juara harapan 1 dari Kabupaten Bengkulu Selatan, harapan 2 dari Kabupaten Kepahiang, dan harapan 3 dari Kabupaten Seluma.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 19 =

DILARANG COPY PASTE !!!!!!