Sobat Dikbud,

Pelaksanaan Festival Pencak Silat Serawai II Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu berlangsung meriah. Festival Pencak Serawai ini, diselenggarakan oleh Ketua komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi, SP di plataran halaman rumah pangeran Arpan, Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, yang merupakan tempat cagar budaya milik masyarakat Desa Karang Anyar di Kecamatan Semidang Alas.

Kegiatan ini, diikuti lebih kurang 33 peserta bersama inisiator kesenian Pencak serawai Jonaidi SP. Festival Pencak Serawai dimainkan oleh para tokoh muda mudi Kabupaten Seluma. Pencak Serawai merupakan cerita yang dibuat dari cerita para tokoh adat Semidang Alas dan merupakan wujud kepedulian terhadap Seni Tradisional untuk menumbuhkan semangat dan mengembangkan nilai-nilai warisan budaya lokal.

Ketua komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi, SP menyampaikan, bahwa tujuan festival Pencak Serawai adalah untuk membangun dan menumbuhkan minat generasi muda terhadap budaya lokal Seluma khususnya seni pencak. Jonaidi berharap, agar kiranya generasi muda di Kabupaten Seluma untuk semangat terus menggiatkan pencak serawai dan menghidupkan sanggar-sanggar kebudayaan yang ada di Kabupaten Seluma.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Saidirman, SE.,M.Si. juga menyampaikan agar masyarakat khususnya provinsi Bengkulu untuk selalu bangga dengan seni tradisional seperti Pencak karena merupakan warisan budaya lokal yang harus terus dijaga dan dilestarikan sampai kapanpun.

Sementara untuk lebih memeriahkan kegiatan Kepala bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Adang Parlindungan, SH.,M.Pd. ikut memperagakan beberapa gerakan pencak serawai di atas panggung pertunjukan. Kemudian dalam acara juga disediakan door price, dengan hadiah yang menarik. (BU)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *