Hallo Sobat Museum!

Pada tanggal 18 September 2023 Museum Negeri Bengkulu melaksanakan kegiatan belajar di Museum Negeri Bengkulu dengan pesertanya adalah pelajar SMP Sederajat yang ada di Kota Bengkulu. Tujuan diadakannya belajar di Museum Negeri Bengkulu ini adalah untuk mengenalkan kepada pelajar SMP Sederajat sekaligus memberitahukan bahwa setiap tahunnya museum Indonesia mengadakan Lomba Cerdas Cermat Museum yang pesertanya yaitu para pelajar SMP Sederajat.

Kegiatan belajar di Museum tingkat SMP Sederajat ini dimulai dengan perkenalan sejarah awal terbentuknya Museum Negeri Bengkulu yang mana dasar hukum terbentuknya Museum Negeri Bengkulu yaitu terdapat pada pasal

Tujuan utama di bentuknya Museum Negeri Bengkulu yaitu:

  1. Mengamankan koleksi sejarah budaya dari kerusakan maupun kepunahan.
  2. Memelihara dan merawat koleksi dari kerusakan alamiah dengan perawatan preventif (pencegahan) dan kuratif (perawatan) sesuai standar teknis museum.
  3. Melakukan penelitian ilmiah koleksi dan menyebarluaskan hasil penelitian kepada masyarakat.
  4. Melaksanakan penyimpanan dan penyajian koleksimelalui pameran dan sosialisasi dalam bentuk informasi.
  5. Melakukan pengelolaan administrasi koleksi: dokumentasi, registrasi, inventarisasi katalogisasi dan labeling serta penyempurnaan data koleksi dan display pameran.

Selain mengenal sejarah dan budaya yang ada di Museum Negeri Bengkulu para pelajar juga diberikan pertanyaan-pertanyaan soal mengenai materi dari narasumber museum dan dari melihat pameran tetap yang ada di Museum Negeri Bengkulu, apabila para peserta dapat menjawab pertaan dari narasumber museum para pelajar mendapatkan bingkisan dorprice.