Workshop Implementasi Badan Layanan Umum Daerah Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2023 (BLUD-SMK)

Published by YUDHISTIRA DHARMA YUDHA on

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu melalui Bidang Pembinaan SMK melaksanakan Workshop Implementasi Badan Layanan Umum Daerah Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2023 (BLUD-SMK). Workshop tersebut dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari hari Kamis tanggal 30 November sampai dengan hari Sabtu tanggal 2 Desember tahun 2023. Diikuti oleh 21 Kepala Sekolah dan Ketua Tim Pelaksana SMK Pusat Keunggulan yang ada di Provinsi Bengkulu acara Workshop Implementasi Badan Layanan Umum Daerah Sekolah Menengah Kejuruan dibuka langsung secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Bapak Syahjudin, M.Pd pada Kamis sore.

Beberapa Narasumber yang ikut memberikan materi pada workshop ini diantaranya R. Wisnu Saputro (Kasubdit BLUD, BUMD dan BMD Kemendagri), Wahyuni Sri Lestari (Analis Keuangan Pusat dan Daerah Kemendagri), Hendri Donan, S.H., M.H (Kepala Biro Hukum), Dr. H. Heru Susanto, S.E., M.M., CGCAE. (Inspektur Inspektorat Provinsi Bengkulu), dan Rainer Atu, S.E., M.M (Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu). Beragam materi yang disampaikan dari pengenalan BLUD untuk sekolah, proses penyusunan dan pengajuan untuk penerapan BLUD serta pembahasan pembuatan regulasi, aturan, payung hukum yang menjadi dasar untuk penerapan SMK BLUD tersebut.

 Dalam sambutanya bapak sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu bapak Syahjudin, M.Pd berpesan agar kepala sekolah dan tim SMK Pusat Keunggulan untuk dapat mengambil setiap ilmu pembelajaran yang disampaikan oleh narasumber dengan harapan ditahun 2024 seluruh SMK Pusat Keunggulan dapat segera menerapkan SMK dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) dan dapat untuk menjadi contoh untuk bagi SMK yang lain khususnya SMK Negeri yang ada di Provinsi Bengkulu. (th)