Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Bapak Syahjudin, M.Pd menghadiri Pembukaan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Serta Masyarakat Tahun 2023 yang bertempat di Hotel Bougenville, Rabu (27/09/23).

Sosialisasi dibuka oleh Kepala DPK Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd., di hadiri oleh Sekretaris DPK Provinsi Bengkulu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Kepala DPK Kota Bengkulu, Kepala Kantor Bahasa Bengkulu, Kepala Perpustakaan UINFAS Bengkulu, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, para pejabat di lingkungan DPK Provinsi Bengkulu, Para Narasumber dan Peserta Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam UU NO. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 44 Tahun 2019 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi Bengkulu, maka Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui DPK Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan menengah, Khusus dan Masyarakat se-Provinsi Bengkulu.

Pembudayaan Kegemaran Membaca dilakukan melalui 3 jalur yaitu Keluarga, Satuan Pendidikan dan Masyarakat. Gemar membaca semestinya menjadi suatu kegiatan sejak dini yang berkesinambungan sehingga akan timbul kebiasaan yang tumbuh dengan sendirinya melalui pendampingan yang baik dari para orang tua maupun guru di sekolah “ujar H. Meri Sasdi, M.Pd pada sambutan sekaligus membuka acara.

Kegiatan Sosialisasi ini juga sebagai upaya mengoptimalkan Pemberdayaan Perpustakaan dikalangan Pelajar, menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media, menanamkan cinta Kebudayaan Bangsa, Persatuan dan kesatuan.

Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi ini sangat penting bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu untuk peningkatan literasi yang berdampak baik dan memiliki motivasi yang tinggi, membaca juga dapat memiliki kecerdasan emosional dalam hidup karena semangat dalam literasinya “jelas Meri Sasdi.

Dalam sambutan Ketua penyelenggara Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran membaca Bapak M. Multazam, M.Pd menjelaskan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk kebiasaan membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan dan juga untuk menarik minat baca Siswa/Siswi tingkat menengah dan pendidikan khusus serta masyarakat sebagai pengiat literasi tentang buku-buku pendidikan, buku cerita, budaya daerah atau budaya lokal.

Adapun Narasumber Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi yaitu Dr. Syahril, S.Sos., M.Ag, Kepala Perpustakaan UINFAS Bengkulu, Toni Hartanto, S.Sos dan Eko Pranoto, S.Sos dan DPK Provinsi Bengkulu. (an)