Permainan Tradisional Lomba Palak Babi Tingkat SMA Se-derajat di Museum Negeri Bengkulu

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

Permainan kepala babi biasanya dimainkan diwaktu senggang atau sedang keluar main di sekolah. Dapat dilakukan di halaman atau lapangan terbuka. Pemainnya terdiri dari 5 orang atau 6 orang atau boleh juga beregu. Museum Negeri Bengkulu pada tanggal 10 November 2022 mengadakan kegiatan lomba permainan tradisional palak babi tingkat SMA Se-derajat, tujuan dari permainan ini yaitu menyemarakkan kembali kesenian permainan tradisional yang ada di Provinsi Bengkulu, lomba palak babi di laksanakan di pelataran Museum Negeri Bengkulu yang lumayan luas, permainan ini juga bertujuan untuk memperingati HUT Provinsi Bengkulu yang ke-54 pada tahun ini.

Alat yang dipergunakan dalam permainan ini adalah : dua potong rotan sebesar ibu jair kaki (sebagai pemukul) panjang 55,5 cm, dan sebagai anak panjangnya 15 cm, dm, 2 cm. Satu lobang di tanah lebar 20 cm, dalamnya kurang lebih 15 cm. Para pemain membuat kesepakatan sebelum permainan dimulai misalnya satu kali permainan (game set) nilai angka misalnya 3500, nilai satu pukulan, penjaga dapat menangkap rotan dan menghitung jarak nilainya 100. Permainan ini mempunyai 4 tahap :

Cuil

Pemain yang menang dalam undian (Bengkulu : Sit) mendapat giliran pertama main sedangkan pemain yang nomor dua menjaga. Anak rotan ditaruh melintang di lubang, kemudian dicongkel dan ditolak sejauh-jauhnya dengan pemukul dan penjaga berusaha menangkap dan melempar kembali kepada si pemain.

Pelang

Anak rotan dan pemukul herada pada satu tangan, kemudian anak dilambungkan ke atas, pemukul dengan cepat memukulnya sejauh mungkin. Bila penjaga tidak dapat menangkapnya, maka anak rotan dilemparkan menuju lubang. Jika anak rotan yang dilempar dapat menuju lubang maka pemain mati, diganti dengan pemain yang lain. Tetapi jika lemparan penjaga tidak dapat mencapai lubang, maka pemain akan menghitung jaraknya dengan memakai pemukul sampai ke batas lubang dengan nilai 100 per pemukul.

Palak Babi

Anak diletakkan tegak diatas lubang, kemudian pemain memukul anak dan bila anak sedang melanting, dipukul kembali dengan pemukul. Bila pukulan pertama belum kena dapat dipukul untuk yang kedua kali asalkan anak belum jatuh ke tanah. Anak yang dapat dipukul tidak dikembalikan oleh si penjaga, jarak anak yang dipukul dan jatuh ke tanah dihitung per alat pemukul dengan nilai 100  sampai menuju lubang. Akan tetapi ada kalanya anak yang melanting tidak dapat dipukul kembali oleh pemukul maka pemain mati dan diganti dengan pemain yang lain. Si pemain pertama telah meneapai nilai 3500 maka permainan dapat diganti oleh pemain berikutnya.

Permainan tradisional palak babi tingkat SMA Se-derajat menghasilkan pemenang juara 1 sampai juara favorit 3, para pemenang mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan yang akan di bagikan pada saat HUT Provinsi Bengkulu di Museum Negeri Bengkulu.

Juara 1 SMA N 7 Kota Bengkulu

Juara 2 SMA N 5 Kota Bengkulu

Juara 3 SMA N 6 Bengkulu Tengah

Juara Favorit 1 SMA N 5 Bengkulu Tengah

Juara Favorit 2 SMA N 6 Bengkulu Tengah

Juara Favorit 3 SMA N Pesantren Pancasila


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *