Sobat Dikbud,

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Melalui Bidang Pembinaan SMA mengahadiri kegiatan penguatan pendidikan karakter di SMAN 9 Kota Bengkulu yang bekerja sama dengan Korem Bengkulu. kegiatan ini dihadiri langsung dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs. Eri Yulian Hidayat.

Dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs. Eri Yulian Hidayat, mengatakan tugas utama dari pendidikan adalah untuk dapat menumbuh kembangkan karakter peserta didik agar mereka siap untuk menjadi generasi yang unggul, tangguh, dan berakhlak mulia. Semua pihak keluarga, sekolah, dan masyarakat wajib bekerja sama untuk melindungi peserta didik dari segala ancaman lingkungan yang tidak baik sekaligus memperkuat ketahanan pribadi mereka dengan menumbuhkembangkan nilai-nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. ”Mohon dibantu kepada semua stakeholder untuk bahu membahu menjaga karakter anak-anak kita”  ujar Kepala Dinas.

Ia juga menambahkan bahwa dalam kegiatan ini dengan Penguatan Pendidikan Karakter diharapkan dapat memberikan motivasi kepada Sekolah/Lembaga untuk mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pendidikan karakter untuk menumbuhkan budi pekerti peserta didik menuju kepribadian yang jujur, demokratis, bertanggung jawab, kreatif, dan mandiri.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan bahwa program penguatan pendidikan karakter merupakan salah satu prioritas dari pembangunan pendidikan saat ini. Dalam rangka menyelamatkan generasi penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa pada masa yang akan datang, perlu dilakukan upaya untuk mencegah meluasnya kemerosotan moral. Maka dari itu perlu upaya pengembangan program melalui penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik secara lebih komprehensif dengan melibatkan semua pemangku kepentingan pendidikan.

Dalam sesi akhir pembukaan kegiatan penguatan pendidikan karakter Kepala Dinas mempertegas kembali pentingnya menjaga mental anak-anak agar terhindar dari segala pengaruh buruk dari lingkungan, kemudian yang terpenting diperlukan program yang dapat memperkaya proses pembelajaran di sekolah yang tidak hanya secara intrakulikuler tetapi juga secara ekstrakurikuler dan pembinaan kesiswaan secara langsung dan mampu menumbuh kembangkan nilai-nilai karakter siswa yang sehat, religius, jujur, nasionalis, dan berilmu pengetahuan. Komitmen bersama dalam proses pendidikan karakter ini harus dijalankan dengan baik oleh seluruh yang terlibat dalam dunia pendidikan sehingga mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. (bu)*


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

six − two =

DILARANG COPY PASTE !!!!!!