Sobat Dikbud,

Tahukah kamu bahwa sebentar lagi seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA akan segera dibuka. Sebagai informasi untuk sobat semuanya, berikut kami sajikan beberapa hal-hal penting yang harus sobat ketahui dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PPDB tahun ini.

PPDB merupakan proses pendaftaran siswa baru yang menggunakan system khusus dengan rancangan satu sumber atau pusat informasi sebagai server atau pengelola seleksi penerimaan siswa baru. Pendaftaran jalur SMA dilakukan dengan langsung mendaftar melalui http://bengkuluprov.siap-ppdb.com. Setelah mendapatkan Token, siswa menyerahkan kelengkapan administrasi yang ditentukan ke sekolah yang dituju. Adapun syarat-syarat administrasi yang harus dilengkapi, yaitu:

  1. Berusia paling tinggi 21 (duapuluhsatu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun
  2. Memiliki ijazah/STTB SMP ataubentuk lain yang sederajat; dan
  3. Memiliki Surat Keterangan Hasil Pendidikan Jenjang SMP sederajat atau bentuk lain yang sederajat.
  4. Memiliki Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga (mulai berlaku minimal 1 Tahun)
  5. Bagisiswa yang berprestasi Akademik menyerahkan nilai rapot pada 5 (lima) semester terakhir.
  6. Bagi siswa yang berprestasi Non Akademik menyerahkan sertifikat/piagam.
  7. Bukti Pendaftaran Online

Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) dikecualikan bagi calon peserta didik yang berasal dari sekolahluar negeri, wajib mendapatkan surat keterangan dari Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Selain itu, mesti diperhatikan juga bahwa ketentuan terkait persyaratan usia dan memiliki Surat Keterangan Hasil Pendidikan Jenjang SMP sederajat sebagaimana dimaksud tidak berlaku kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus yang akan sekolah di sekolah yang menyelenggarakan program pendidikan inklusif.

Mekanisme pendaftaran seleksi PPDB SMA dilakukan secara online (daring). Pendaftaran jalur online (daring) dapat dilakukan dengan mengakses alamat http://bengkuluprov.siap-ppdb.com. Adapun PPDB secara online (daring) dan offline (luring) untuk SMA dilaksanakan dalam 4 (empat) jalur, yaitu: pertama jalur prestasi dengan kuota 25% dari total jumlah peserta didik yang diterima. Jalur prestasi ini akan dibuka selama 3 hari yaitu tanggal 27-29 Juni 2022. Kedua jalur Afirmasi dengan kuota 15% dari total jumlah peserta didik yang diterima. Jalur afirmasi ini akan dibuka selama 3 hari yaitu tanggal 27-29 Juni 2022. Ketiga jalur perpindahan tugas orang tua/wali dengan kuota 5% dari total jumlah peserta didik yang diterima. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali ini juga dibuka selama 3 hari juga yaitu tanggal 27-29 Juni 2022. Keempat jalur Zonasi SMA dengan kuota 55% dari total peserta didik yang diterima. Jalur zonasi ini dibuka selama 5 hari yaitu tanggal 1-5 Juli 2022.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × 1 =

DILARANG COPY PASTE !!!!!!