Kegiatan Kultum di Masjid Nurul Hidayah Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

Kegiatan Kultum di Masjid Nurul Hidayah Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu

Sobat Dikbud,

Dalam rangka meningkatkan keimanan di bulan Ramadhan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. Melaksanakan kegiatan rutin setiap tahun pada bulan Ramadhan yaitu Kultum. Kultum merupakan ceramah keagamaan yang berdurasi selama tujuh menit dan bukan hal asing bagi kita umat muslim. Setiap Ramadhan, banyak di antara kita yang mendengarkan kultum, baik di masjid maupun di media lain seperti youtube dan televisi. Pelaksanakan kultum ini diselenggarakan dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu yaitu, tepatnya di Masjid Nurul Hidayah. Kegiatan rutin ini dilaksanakan selama bulan ramadhan pada hari senin dan kamis sebelum pelaksanaan Sholat Dzuhur.

Kultum pada hari pertama disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu bapak Drs. Eri Yulian Hidayat. Beliau menyampaikan bahwasanya pelaksanaan kultum pada bulan ramadhan banyak sekali manfaatnya diantaranya para pegawai yang datang mengikuti kultum dari berbagai bidang akan mendatangkan manfaat berupa ilmu agama, juga bisa menjalin silaturahmi dengan para pegawai dari berbagai bidang. Dari tak saling mengenal menjadi kenal, dari tak menyapa menjadi saling sapa. Kemudian momen mendengarkan kultum ini adalah sebagai ajang introspeksi dan koreksi diri, karena manusia tak luput dari dosa dan kesalahan, maka sudah pasti beberapa menit yang berharga bisa menyadarkan manusia dari segala dosa.

Pengisi ceramah kultum selama bulan ramadhan ini. Merupakan pegawai dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu yang diwakili masing-masing oleh kepala Bidang atau yang mewakili. Kultum sebelum sholat Dzuhur yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu tentu saja akan menambah wawasan mengenai ilmu agama. Sehingga dapat  mengetahui cara berpuasa yang baik, tata cara shalat yang sesuai tuntunan, dan doa-doa yang tepat diucapkan saat puasa. Segala hal tentang ilmu agama bisa didapat ketika rutin mengikuti kultum di sela-sela istirahat kerja.

Jika diamalkan dengan sungguh-sungguh, mendengarkan kultum tentu saja akan membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Kata-kata meneduhkan dari yang menyampaikan kultum  akan membawa kepada kedamaian hakiki yang bisa mendekatkan kita dengan Allah. Tak hanya bikin hati tenang, pikiran kita juga akan terbuka terhadap hal-hal positif dalam kehidupan.

Inti dari kegiatan kultum yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu  disela-sela waktu istirahat sebelum Dzuhur pada bulan puasa adalah dengan banyaknya ilmu yang didapat ketika mendengarkan kultum yang disampaikan, maka sudah pasti akan mempertebal keimanan dan ketakwaan bagi seluruh pendengar kultum. Meski disibukkan dengan rutinitas kerja, tetap tidak melupakan kewajibannya sebagai umat beragama. (bu)*

Categories:

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *