Puncak Peringatan Hari Jadi Jadi Museum Negeri Bengkulu Ke 34

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

Museum Bangkit, Museum Maju

Pada tanggal 1 April 2022 Museum Negeri Bengkulu melaksanakan hari jadi museum yang ke 34. Berdasarkan SK Mendikbud RI No. 0754/0/1987, Museum Negeri Provinsi ditingkatkan statusnya menjadi unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Direktorat Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peresmian dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 1988 oleh Direktur Jendral Kebudayaan G.B.P.H. Poeger, Drs. dengan nama Museum Negeri Provinsi Bengkulu.

Puncak hari jadi museum dibuka oleh Gubernur Bengkulu yang kali ini diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa eksistensi museum harus ditingkatkan. Bentuk-bentuk promosi langsaung dan tidak langsung harus dioptimalkan, agar museum dapat menjadi salah satu destinasi atau tujuan wisata budaya. Promosi tersebut dapat berupa expose program dan kegiatan di media cetak maupun elektronik tersebut pelaksanaan lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Museum Negeri Bengkulu. Saat ini keberadaan Museum Negeri Bengkulu belum terlalu dikenal, oleh karena itu banyak orang yang belum menjadikan museum  sebagai salah satu destinasi favorit di Bengkulu.

Keberaan Museum Negeri Bengkulu yang menyimpan koleksi-koleksi dari zaman pra sejarah hingga zaman kemerdekaan merupakan salah satu sarana belajar edukasi bagi pelajar maupun masyarakat umum. Melalui museum kita dapat melihat benda-benda tersebut dan mengetahui fungsi, kegunaan, serta sejarah dari koleksi museum. Selanjutnya beliau menyampaikan agar museum membentuk komunitas. Melalui komunitas ini promosi museum biasa lebih optimal. Terakhir beliau mengatakan ‌atas nama Gubernur Bengkulu,  mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadhan.

Adapun kegiatan puncak peringatan HUT Museum dilakukan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya oleh Museum Negeri Bengkulu.

Categories:

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *