Dikbud Provinsi Bengkulu mendapat Penghargaan Pengelola Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Tingkat Nasional Tahun 2021

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

Dikbud Provinsi Bengkulu mendapat Penghargaan Pengelola Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Tingkat Nasional Tahun 2021

Acara Pemberian Penghargaan dalam Seleksi Dinas Pendidikan Terbaik dalam Pengelolaan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Tingkat Nasional Tahun 2021 kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Selasa (21/12/21) bertempat di Ruang Sidang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu.

Hadir langsung dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Dr. Edi Setiawan, S.Si., M.Sc, MSE, Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan menyerahkan hadiah pembinaan berupa tropi/plakat dan laptop senilai total Rp. 21.000.000 serta di dampingi oleh Ir. Rusman Efendi, M.M, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu beserta jajarannya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I s.d IX, Peserta SSK dari SMA dan SMP se – Provinsi Bengkulu.

Acara ini dilaksanakan secara luring dan daring via zoom meeting dan akun Youtube BKKBNOfficial. Para pemenang Lomba SSK Paripurna yaitu SMAN 1 Banguntapan DIY untuk kategori SMA, dan SMPN 5 Malang Jatim untuk kategori SMP, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu dan Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Kaltim sebagai Pengelola SSK Terbaik.

Walaupun belum menjadi pemenang tahun ini, dari Provinsi Bengkulu, ada SMAN 1 Seluma yang berkesempatan masuk dalam nominasi Kategori SSK Paripurna tingkat SMA/SLTA/MA dan sederajat se – Indonesia dan juga dikunjungi oleh Bapak Edi Setiawan sebelum menghadiri acara di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu.

“Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah Sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan ke  dalam kurikulum dan kegiatan kesiswaan di sekolah. Tujuan dari dibentuknya SSK  adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, mengenai isu dan dampak kependudukan terhadap berbagai aspek di masyarakat.” jelas Bapak Edi Setiawan dalam sambutannya.

Diharapkan implementasi Pendidikan Kependudukan dapat berpotensi dilaksanakan secara lebih masif di seluruh Indonesia. Lomba SSK Paripurna ini diharapkan dapat mendorong SSK sehingga termotivasi untuk melaksanakan secara paripurna serta merancang strategi inovasi-inovasi yang berkaitan dengan Pendidikan Kependudukan terutama masa pembelajaran daring. Permasalahan kependudukan merupakan tanggungjawab semua pihak sehingga edukasi kependudukan harus dilaksanakan oleh semua pihak melalui berbagai jalur untuk dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kependudukan.

Categories:

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *