Mengungkit Citra Peradaban Masa Lampau Melalui Koleksi Museum Negeri Bengkulu, Sosialisasi Dan Lomba Museum Negeri Bengkulu Di kabupaten Bengkulu Selatan

Pameran Keliling museum Negeri Bengkulu, pameran kali ini dipusatkan di SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan dihadiri dan dibuka langsung Gubernur Bengkulu  Dr. H. Rohidin Mersyah. Selain pameran kegiatan yang di lakukan yaitu Sosialisasi dan Lomba Permainan Tradisional di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Rohidin mengatakan kegiatan seperti ini penting dilaksanakan agar masyarakat khususnya generasi muda mengetahui dan mengenal peninggalan masa lampau, sehingga mereka akan  mencintai dan menghargai budaya dan sejarah.

“Kita ingin membangkitkan semangat generasi milenial agar paham dan mencintai hasil karya masa lalu,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut Kepala Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu Ery Yulian Hidayat berharap, melalui kegiatan ini museum lebih dekat dan mendapat perhatian lebih besar dari masyarakat terutama para pelajar sebagai tempat wisata pendidikan sejarah dan kebudayaan.

“Tugas kita adalah mewarisi, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur sejarah bangsa ini,” ujarnya.

Pameran di Kabupaten Bengkulu Selatan menampilkan berbagai koleksi Museum Negeri Bengkulu, di antaranya koleksi naskah Ka-Ga-Nga, koleksi senjata tradisional, koleksi mata uang pada zaman penjajahan, koleksi batu peralatan zaman Neolitikum, koleksi kain tenun, serta koleksi senjata yang pernah digunakan para pejuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Selain pameran, Museum Negeri Bengkulu juga melaksanakan kegiatan sosialisasi Museum Negeri Bengkulu yang bertema “Mewujudkan museum sebagai media informasi, edukasi dan daya tarik wisata”. Sosialisasi ini menjelaskan apa saja yang dapat pengunjung lihat di Museum Negeri Bengkulu, serta bagaimana peran penting museum sebagai media informasi dan edukasi bagi masyarakat terutama pelajar sebagai generasi yang akan meneruskan budaya-budaya dan kearifan lokal Bengkulu.

Kegiatan lomba Museum Negeri Bengkulu dilaksanakan pada hari ke-2. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan, ada dua kegiatan lomba yang diadakan yaitu lomba mewarnai tingkat SD berlokasi di aula SMA N 3 Bengkulu Selatan dan lomba egrang berlokasi di lapangan SMA N 3 Bengkulu Selatan batok kelapa tingkat SMA se-Kabupaten Bengkulu Selatan.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 + 12 =

DILARANG COPY PASTE !!!!!!