Rapat Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2021

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

Rapat Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2021

Rapat Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2021 dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat didampingi Kasubbag Penyelenggaraan Tugas Perbantuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Sastro Pardianto. Hadir juga Murhin dari BP Paud Dikmas sebagai narasumber menyampaikan materi peran Bunda PAUD dalam mengimplementasikan PAUD HI.

“Peran Bunda PAUD sebagai tokoh sentral gerakan nasional PAUD berkualitas, mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat, memotivasi pengelola, penyelenggara atau PTK Lembaga PAUD, mengoptimalkan Sumber Dana untuk mendukung penyelenggaraan layanan PAUD, memberikan masukan, saran dan rekomendasi kepada pemerintah untuk mendukung layanan PAUD berkualitas, mendorong peningkatan akses PAUD di daerah 3T, mendorong peningkatan mutu PTK PAUD,” tutur Murhin.

Peningkatan pengawasan di wilayah kerja Bunda PAUD terutama proses pembelajaran yang bebas dari kekerasan fisik, radikalisme, pornografi dan sara, mendorong peningkatan konsumsi makanan sehat, mensosialisasikan bahaya makanan dan minuman yang mengandung MSG dan NAPZA, mendorong terciptanya layanan PAUD Holistik Integratif (HI), memberdayakan lembaga organisasi mitra, serta mendorong kesiapan lembaga PAUD untuk mengikuti akreditasi juga menjadi peran Bunda PAUD.

Lanjut Murhin, PAUD-HI merupakan upaya untuk memenuhi hak anak dibidang pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan anak. Tujuan PAUD-HI agar terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh dan terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu berperan dalam perencanaan berbasis data, pengembangan tata kelola pendukung pelaksanaan PAUD-HI, advokasi dan koordinasi dengan berbagai macam pemangku kepentingan, penguatan potensi kemitraan(kapasitas dan pendanaan) serta pemantauan dan evaluasi.

“Harapan yang ingin dicapai dalam rapat koordinasi ini, agar meningkatkan sinergitas stakeholder baik dari Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota, Instansi terkait dan organisasi mitra dalam menyukseskan program PAUD-HI menuju PAUD berkualitas,” ungkap Kasubbag Perbantuan, Sastro

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu pada Hari Kamis, (11/11) dihadiri sekitar 40 peserta yang terdiri dari Kepala Bidang PAUD, Anggota POKJA Bunda PAUD dari 10 Kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu serta Anggota POKJA Bunda PAUD Provinsi.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =

DILARANG COPY PASTE !!!!!!