Pameran Keliling

Published by Arief Winardo on

Pameran Keliling

Pameran merupakan cara yang efektif bagi museum untuk berkomunikasi dengan pengunjung. Setiap penyelenggara pameran, selalu diawali dengan sebuah gagasan besar tentang apa yang ingin disampaikan kepada masyarakat luas. Gagasan kemudian diwujudkan dengan menyajikan berbagai koleksi yang dilengkapi dengan teks, gambar, foto, ilustrasi dan pendukung lainnya. Perencanaan pameran merupakan faktor penting untuk menentukan strategi kerja dan tahapan pelaksanaan sehingga evaluasi, serta dibutuhkan keterlibatan banyak pihak dan keahlian dan keterampilan khusus bagi yang terlibat di dalamnya.

Pameran juga bermakna untuk menyampaikan misi museum kepada pengunjung. Pemilihan koleksi, tema-tema pameran yang diangkat, program pendukung serta informasi  yang disampaikan merupakan gambaran keunikan dan kekhasan museum atau tempat diselenggarakan pameran.

Tanggal 3-5 November 2021, Museum Negeri Bengkulu akan melakukan pameran keliling di kabupaten Seluma dengan tema pameran “Lestarikan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dan Sejarah Melalui Museum, Menuju Bengkulu Berbudaya”. Pameran keliling, ialah pameran yang diselenggarakan di luar museum pemilik koleksi dalam jangka waktu tertentu, dengan tema khusus, dan bertujuan untuk memperkenalkan suatu khasanah budaya daerah yang satu kepada daerah lainnya, sehingga memperoleh hubungan antar suku bangsa atau budaya.

Persiapan yang dilakukan sejak awal Oktober antara lain rapat-rapat teknis, pemilihan koleksi yang akan dipamerkan, perawatan koleksi, pengecekan sarana dan prasarana pameran (vitrin dan lampu), serta desain backdrop dan sepanduk. Pada tanggal 15 Oktober 2021, tim Koleksi Konservasi dan Preparasi melakukan perawatan koleksi-koleksi yang akan dipamerkan di Kabupaten Seluma.

Categories:

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *