Apa itu NUPTK?

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

Apa itu NUPTK?

Apa itu NUPTK? Apa pentingnya NUPTK? Bagaimana cara pendaftarannya? Untuk sebagian Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) yang baru menjadi PNS maupun Non-PNS  pasti masih ada yang bingung, untuk itu yuk mari kita sama-sama pahami dan pelajari NUPTK.

Tugas utama guru adalah mendidik dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Tidak selayaknya jika tugas utama ini justru terganggu oleh hal-hal lain. Di antaranya adalah masalah kesejahteraan guru, khususnya guru honorer. Oleh karena itu, sudah seharusnya guru memperhatikan karirnya seperti kenaikan pangkat dan golongan. Untuk masalah administrasi ini, maka baik Guru PNS maupuan Guru Honorer WAJIB memiliki NUPTK.

Untuk memperoleh nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal, maka pastikan data  guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap, benar dan valid yang sesuai Dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan agar proses penerbitan nuptk bagi gtk tidak mengalami hambatan dan kesalahan.

Perbedaan NUPTK Dan NIP

NUPTK adalah kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) ialah Nomor Induk bagi seorang Guru maupun Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada setiap GTK baik PNS ataupun Non – PNS yang memenuhi persyaratan serta syarat sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Bukti Diri formal untuk keperluan identifikasi dalam bermacam pelaksanaan program dan aktivitas yang berkaitan dengan pembelajaran dalam rangka kenaikan kualitas guru dan tenaga kependidikan.

NUPTK memilik 16 digit nomor yang sifatnya unik, artinya setiap guru memiliki nomor masing-masing. Nomor ini juga bersifat tetap tidak berubah, meskipun guru tersebut mendapatkan pemindahan tugas ke tempat yang lain, mengalami perubahan status kepegawaian maupun perubahan data lainnya.

Sedangkan NIP merupakan nomor yang diberikan kepada PNS selaku bukti diri yang memuat tahun, bulan, serta tanggal lahir, tahun dan bulan pengangkatan pertama selaku CPNS, jenis kelamin serta no urut.

Dari kedua definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa NUPTK diberikan kepada GTK PNS dan Non-PNS, sedangkan NIP tidak diberikan kepada GTK Non-PNS.

Kegunaan NUPTK

NUPTK adalah sebuah gerbang awal bagi GTK ke dalam program-program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karena itu, NUPTK bagi seorang guru adalah hal penting, khususnya guru honorer. Beberapa manfaat NUPTK yang bisa didapatkan adalah:

  1. Berperan pada proses pendataan pemerintah untuk merencanakan program peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik
  2. Mendapatkan nomor identifikasi resmi untuk pelaksanaan program di berbagai daerah
  3. Bisa mendapatkan tunjangan
  4. Bisa mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG)
  5. Persyaratan untuk mencapai manfaat fungsional, dan
  6. Mendapatkan Beasiswa Pendidikan bagi Guru Honorer

Contoh NUPTK

Bagi guru yang telah memiliki NUPTK akan mendapatkan Kartu NUPTK sebagai salah satu nomor identitas selain NIP. Berikut ini contoh Kartu NUPTK:

Syarat- syarat NUPTK

Syarat permohonan penerbitan NUPTK NUPTK diterbitkan Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSTK), yang mana PDSTK juga dapat melakukan nonaktif dan reaktivasi NUPTK. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh tenaga pendidik untuk melakukan permohonan penerbitan NUPTK, berikut:

Syarat- syarat NUPTK

Syarat permohonan penerbitan NUPTK NUPTK diterbitkan Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSTK), yang mana PDSTK juga dapat melakukan nonaktif dan reaktivasi NUPTK. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh tenaga pendidik untuk melakukan permohonan penerbitan NUPTK, berikut:

Kesimpulan

Kegunaan NUPTK bagi guru honorer sangatlah penting, tidak hanya bagi guru PNS saja. NUPTK merupakan salah satu nomor identitas bagi seuruh GTK dimana fungsi NUTPK salah satunya akan mampu meningkatkan kesejarteraan seluruh GTK melalui program Kemdikbud. Mengingat pentingnya NUPTK, sudahkah anda sebagai guru honorer memiliki NUPTK?

Categories: Berita Pendidikan

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =

DILARANG COPY PASTE !!!!!!