Pemanfaatan Adobe Scan Sebagai Aplikasi Pemindai Dokumen untuk Sekolah dan Kantor

Published by TIM WEBSITE DIKBUD on

Pemanfaatan Adobe Scan Sebagai Aplikasi Pemindai Dokumen untuk Sekolah dan Kantor

Oleh: HARIS ANDRIANSYAH, S.Kom *

Perkembangan teknologi dibidang software dan hardware berdampak besar pada perubahan pola kerja. Scanner atau pemindai yang dahulu adalah sebuah alat terpisah, sekarang telah bisa menggunakan smartphone yang dimiliki oleh setiap orang. Sekarang kegiatan memindai dokumen tidak lagi harus tergantung dengan alat pemindai dokumen (scanner) yang memiliki ukuran relatif besar tetapi cukup dengen mendownload aplikasi melalui penyedia seperti Google Playstore ataupun IOS App Store.

Jika dahulu dokumen yang dipindai adalah surat atau dokumen berharga, saat ini berkas dokumen perkantoran hingga tugas sekolah sudah dikirimkan dalam bentuk file pdf. Apalagi saat ini dalam masa pandemi Covid-19 dan sekolah melakukan kegiatan pembelajaran secara daring, maka tugas yang dikumpulkan kepada guru hampir semuanya adalah dokumen hasil pemindaian yang disimpan dalam file pdf.

Salah satu aplikasi pemindai dokumen yang paling banyak digunakan saat ini adalah CamScanner, aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis. Tetapi pengguna juga diberikan pilihan untuk melakukan pembelian aplikasi secara premium untuk menggunakan fitur yang lebih lengkap. Hasil yang berbeda dari versi gratis (Free) dengan premium adalah adanya watermark dari dokumen yang dipindai menggunakan aplikasi CamScanner gratis. Sehingga untuk menghilangkan watermark tersebut pengguna diminta untuk membeli aplikasi versi premium.

Pemindai Dokumen Adobe Scan

Aplikasi lain yang bisa digunakan dengan fitur yang lebih baik dari CamScaner adalah Adobe Scan. Aplikasi ini dibuat oleh Adobe, sebuah pengembang aplikasi yang populer untuk pengolah grafis ataupun video. Kita tentu sangat familiar dengan aplikasi Adobe Photoshop yang digunakan untuk pengolah grafis bitmap hingga adobe premiere yang digunakan untuk editing video.

Kelebihan dari aplikasi adobe scan ini antara lain tidak adanya watermark dari hasil dokumen yang dipindai, sehingga dokumen yang dihasilkan lebih terlihat profesional. Selain itu terdapat juga fitur Cleanup yang bisa digunakan untuk menghapus bagian dokumen yang tidak di perlukan yang ikut terfoto saat dokumen di  di scan dengan aplikasi. Sehingga dokumen yang dihasilkan akan menjadi lebih bersih.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini terhubung dengan adobe cloud, sehingga walaupun berganti handphone, saat kita memasukkan username ataupun email yang digunakan untuk pendaftaran sebelumnya maka dokumen yang telah di scan terdahulu tidak hilang dan dapat diunduh dan dikirimkan kembali.

Demikian sedikit ulasan tentang aplikasi pemindai dokumen adobe scan, tentu diluar ini masih banyak aplikasi lain serupa yang dapat digunakan sebagai pemindai dokumen. Kita dapat menggunakan sesuai dengan selera dan menyesuaikan dengan kemampuan smartphone yang kita miliki. Terima kasih telah menyimak, semoga bermanfaat.

*Penulis adalah Guru SMKS 21 ANALIS KESEHATAN QAWIY SHABAB Bengkulu

Penulis dapat dihubungi melalui surel harisunived@gmail.com

Categories:

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *